Jumat, 23 Agustus 2013

Kreatifkah Kalian?

Berhubung hari ini aku lagi nganggur=gak ada kerjaan=jobless jadi deh aku niat mau nge share sedikit info. (Sebenernya gak jobless juga si, orang tugas  masih numpuk tuh). Intinya aku lagi pengen nulis gitu aja deh, soalnya lagi tepar a.k.a sakit jadi bisanya cuma tiduran dan yang kepikir sekarang adalah nge-blog :D Langsung aja deh ya aku share infonya, khusus hari ini aku bakal nulis dengan aturan yang baik dan benar serta mengikuti kaidah KBBI (lagi kangen ama pelajarannya Bu Anik nih).

Apakah Kalian merasa kreatif? atau sebaliknya, apakah Kalian merasa tidak kreatif? Apapun jawaban Kalian, Kalian tetap bisa meningkatkan tingkat kreativitas Kalian. Apapun profesi Kalian saat ini, kalian dapat dengan mudah meningkatkan kreativitas Kalian melalui langkah-langkah menurut Brian Tracy

Mungkin Kalian seringkali berpikir bahwa kreativitas hanyalah milik sebagian orang saja, seperti penulis, ilmuwan, atau artis. Tidak, kreativitas merupakan kemampuan alami manusia yang dianugrahkan oleh Allah seperti saat kita bernapas. Setiap orang mampu memiliki kreativitas yang tinggi karena dia menginginkannya. Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Kreativitas sama seperti otot kita, bila tidak kita latih dan gunakan secara baik, maka otot akan kehilangan kekuatannya.

Untuk menjadi kreatif, Kalian tidak perlu memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi. Banyak orang yang memiliki IQ tinggi tetapi tidak dapat melakukan apa-apa untuk membuat hidupnya lebih baik. Mereka hanya bekerja pada pekerjaan yang tidak mereka sukai, karena terpaksa, sehingga mereka bekerja hanya untuk gaji dan bekerja pada level jauh di bawah potensi mereka sesungguhnya.

Sedangkan kecerdasan sebenarnya berhubungan dengan cara Kalian bertindak dan bergerak. Jika Kalian bertindak dengan cerdas, maka Kalian cerdas. Kualitas kecerdasan (kejeniusan) seseorang dapat diukur melalui 3 hal dasar, yaitu :
  • Open Minded-ness. Semakin terbuka cara berpikir Kalian, maka semakin terbuka dan kreatif terhadap ide baru dan pemecahan terhadap sebuah masalah.
  • Kemampuan konsentrasi dalam sebuah hal/masalah. Dalam kata lain, Kalian harus memiliki kemampuan untuk fokus dalam sebuah hal atau masalah Kalian.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah secara sistematis. Kalian harus melihat sebuah masalah sebagai sebuah sistem, bukan sebuah masalah yang saling terpisah satu sama lain.
Demikianlah 3 hal dasar yang dapat digunakan sebagai ukuran kecerdasan seseorang. Lalu bagaimana langkah untuk meningkatkan kreativitas? Berikut 10 langkah mudah untuk meningkatkan kreativitas.
1. Ubahlah cara berpikir Kalian dari negatif ke positif
Semakin positif cara berpikir Kalian, membuat Kalian semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Selanjutnya Kalian akan semakin kreatif dalam mencari solusi segala permasalahan Kalian. Biasakanlah Kalian mengatakan “Ya ini merupakan kesempatan untuk menjadi lebih baik” dalam menghadapi sebuah rintangan.
2. Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yang Kalian hadapi
Tulislah segala hal yang berkaitan dengan tantangan Kalian, Apa yang menjadi penyebab Kalian tertekan? Apa yang Kalian khawatirkan? Kenapa Kalian tidak bahagia? Ini bukan berarti berpikir negatif, tapi dengan menulisnya Kalian selanjutnya akan berpikir untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.
3. Selalu bertanya
Jangan terlalu cepat puas dengan jawaban singkat dari permasalahan Kalian. Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya bisnis Kalian sedang menurun, mengapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? atau karena produk Kalian semakin menurun kualitasnya? Dengan semakin banyak pertanyaan yang dapat Kalian buat, maka Kalian akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.
4. Definisikan Batasan, Buat Alternatif Solusi
Kalian harus mampu mengidentifikasi apa saja yang menjadi batasan Kalian untuk menyelesaikan permasalahan Kalian. Kemudian Kalian harus mencari alternatif-alternatif solusi sesuai dengan batasan yang Kalian miliki.
5. Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang Kalian buat
Pilihkan keputusan yang terbaik setelah Kalian membandingkannya dengan alternatif lainnya.
6. Buatlah Planning bila keputusan terbaik Kalian tidak berjalan sesuai harapan Kalian.
Kalian harus menyiapkan rencana bila hasil evaluasi keputusan terbaik Kalian tidak sesuai dengan tujuan awal Kalian.
7. Tetapkan satuan pengukuran dalam keputusan Kalian
Kalian harus menetapkan ukuran untuk mengetahui perkembangan pencapaian tujuan Kalian. Bagaimana cara Kalian dapat mengetahui bahwa Kalian sudah sukses?
8. Menerima semua tanggung jawab dari keputusan yang telah dibuat.
Kalian harus berani menghadapi semua resiko dan hasil dari keputusan yang telah Kalian buat.
9. Tentukan Deadline
Kalian harus menentukan deadline dari semua tujuan Kalian. Misalkan Kalian ingin tahun depan memiliki penghasilan per tahun sebesar 120 juta/tahun. Selanjutnya Kalian mesti mem break-down apa saja yang Kalian lakukan tiap bulan, tiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit untuk mencapai tujuan Kalian.
10. Kalian harus Take Action (Bertindak)
Bertindaklah, sibukkanlah diri Kalian, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan Kalian. Semakin cepat Kalian dan semakin jelas tujuan Kalian, semakin kreatif diri Kalian dalam mencapai tujuan Kalian. Kalian juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar maka semakin cepat Kalian dapat mengembangkan kapabilitas diri Kalian dan mencapai sesuatu yang lebih baik bagi masa depan Kalian






Tidak ada komentar:

Posting Komentar